MEDIA PUSTAKAWAN

jembatan untuk belajar dan meningkatkan kualitas perpustakaan

12 Maret 2008

Perpustakaan sekolah

Judul : Perpustakaan Sekolah : pendekatan aspek manajemen dan tata kerja
Pengarang : Darmono
Deskripsi fisik : vii,280 hal.; 21 cm
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Subyek : PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Nomer Klasifikasi : 027.8

Sampai saat ini Keberadaan Perpustakaan Sekolah belum mendapat posisi yang baik. Perpustakaan yang seharusnya menjadi garda terdepan untuk mencerdaskan anak bangsa masih di pandang sebelah mata, akibatnya pengelolaan perpustakaan sekolah belum maksimal bahkan ada beberapa sekolah yang tidak mempunyai ruang perpustakaan. Dengan hadirnya Undang-undang Sisdiknas No. 23 Tahun 2003 yang mewajibkan sekolah harus mempunyai perpustakaan sekolah diharapkan perkembangan perpustakaan sekolah berjalan baik ditambah sudah lahirnya UU Perpustakaan yang baru, mau tidak mau sekolah harus berbenah mengelola perpustakaan sekolah.Tapi masalahnya dengan sedikitnya buku tentang pedoman pengelolaan perpustakaan dan minimnya pelatihan tentang perpustakaan yang mereka terima, mereka kesulitan mengelola perpustakaan sekolah .

Buku karangan Darmono dengan judul Perpustakaan Sekolah : pendekatan aspek manajemen dan tata kerja, bisa menjadi salah satu solusinya. Dalam buku ini, pengelolaan perpustakaan dijabarkan dengan detail dan sangat lengkap . Buku ini sangat penting tidak hanya untuk pengelola perpustakaan sekolah tapi untuk semua pelaku perpustakaan karena mencakup semua aspek kepustakaan. Untuk menjadi perpustakaan yang ideal , perpustakaan menurut buku ini harus dikelola secara profesional dengan manejemen yang tepat. Dalam Bab III dijelaskan tentang tugas dan tanggung jawab kepala perpustakaan, pustakawan, tata usaha juga bagian layanan pembaca dan layanan teknis sehingga bisa menjadi pedoman bagi semua petugas untuk melaksankan tugas seharian dengan sebaik-baiknya juga berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui keberhasilan pekerjaan di lingkungan perpustakaan.

Bagaimana mengolah bahan pustaka mulai dari pengadaan/seleksi buku, pemberian stempel, pencatatan pada buku induk, mengkatalog, mengklasifikasi , membuat laporan statistik sampai pada cara pemesanan dan pembelian bahan pustaka secara terperinci dan lengkap diuraikan dalam Bab VI juga di tambah pembahasan tentang manajemen pelestarian dan perawatan bahan pustaka, penerapan teknologi informasi dan kompetensi pengelola, buku ini diharapkan bisa mengatasi kendala yang selama ini sering dihadapi oleh sekolah.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda